Panduan membuat Blog di Blogger.com

Pertama, kita kenali blog itu sendiri sebelum membuat blog itu sendiri. Ada pepatah yang bilang ”Tak kenal maka tak sayang” benar bukan?

Akan saya jelaskan pengertian blog itu sendiri, dan tentunya menurut versi saya sendiri.(hehehe..)

1. Apa itu Blog ?

Blog (singkatan dari Web log) adalah situs yang sifatnya lebih pribadi, yaitu lebih di serahkan kepada si pembuat blog itu sendiri.

Blog dibuat oleh para desainer penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan, jadi bagi kita-kita yang masih bingung dengan bahasa HTML untuk membuat sebuah website tidak jadi persoalan. Saya rasa bila anda sudah terbiasa dengan email di internet tentu tidak kesulitan untuk membuat sebuah blog.



2. Cara membuat blog

Banyak provider (penyedia) layanan Blog gratis yang tentunya mengharuskan kita untuk memiliki akun terlebih dahulu agar bisa menggunakan fasilitas dari provider blog tersebut. Ada beberapa provider blog gratis yang anda nikmati di internet. Misalkan www.blogger.com atau www.wordpress.com .

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara pembuatan blog di http://www.blogger.com, Silahkan anda klik disini untuk mendaftar.

otodidak-blog pict

Setelah anda berada pada situs blogger.com, anda akan melihat gambar seperti gambar di atas. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "

  • Isilah Alamat Email dengan alamat email anda (tentunya yang valid)

  • Isikan kembali alamat email anda tadi pada form Ketik ulang alamat email

  • Tuliskan password yang anda inginkan pada form Masukkan sebuah password

  • Isikan kembali password anda tadi pada form Ketik ulang sandi (password)

  • Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin anda tampilkan

  • Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda cek pada kotak di dekat tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.

  • Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN" untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.


Di lembar berikutnya

  • Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi) pada form Judul Blog.


  • Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog (URL), ini tidak bisa diubah lagi.


  • Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".



  • Pilihlah gambar (template) yang anda inginkan (nanti bisa diubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".



  • Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah diciptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan anda tuliskan semau anda, jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".


3. Isi ( Content ) blog :

Buat para pemula, mungkin akan sedikit bingung akan mengisi blog anda dengan isi apa setelah selesai mendaftar. Isi ( content ) dari sebuah blog tentu terserah dari si pembuat blog, mau anda isi artikel hobi, kesehatan, pendidikan dll. Saya sarankan mengisi tentang hal yang anda minati, misalkan bila anda seorang mahasiswa dibidang kesehatan, anda bisa isi dengan artikel mengenai kesehatan. Atau bila anda seorang guru, tentu anda bisa mengisi dengan materi-materi pelajaran yang tentunya akan bermanfaat.

0 Responses to "Panduan membuat Blog di Blogger.com"

Post a Comment